Posted in Info, Share

‘Kau Yang Berasal Dari Bintang’ Plagiat Kdrama ‘You Who Came From The Star’

Morning all, long time no see. Beginilah jadinya wordpress yang menjadi satu-satunya sarana buat mencurahkan semuanya, terabaikan tanpa adanya post-post yang bermanfaat yang bisa dibaca. jeongmal mianhaeyo, readerdeul.

Okay, hari ini gue mau bahas isu yang lagi hot selama awal minggu ini. Yaitu : Tayangnya sinetron Indonesia ‘Kau yang Berasal dari Bintang’ yang ditayangin di RCTI jam 19.00 WIB. Kenapa itu hot? Ya jelaslah, dari judulnya aja udah bisa ketebak kalo tuh drama-upss sorry maksudnya sinetron- plagiat KDrama yang paling heboh ‘You Who Came From The Star’ Okelah, bukan hanya dari judul, dari posternya yang buat iklan aja sama banget, yah berasa pinang dibelah dua gitulah. Demi apapun ya, bahkan scene per scene itu sama banget. Dan yang paling kebangetan adalah, dialog yang diucapin sama para pemeran di ‘Kau yang Berasal dari Bintang’ persis-sis sama dialog yang di ucapin pemerannya ‘You Who Came From The Star’ Sangat mencengangkan, sampai segitukah cara plagiat Indonesia. Okelah, kalau misal cuma judul yang ‘kebetulan’ sama ga apa, atau poster yang ‘tak sengaja’ sama bukan masalah. Tapi ini, dari judul, poster, scene, plot cerita, sampai dialog juga sama bahkan karakter para tokohnya pun sama. Ya Tuhan, miris banget nih industri entertaiment Indonesia. 

Poster sinetronnya mba Nikita Willy sama Morgan Oey, yang 'kebetulan' sama kayak poster dramanya Soo Hyun oppa and Ji Hun eonnie.
Poster sinetronnya mba Nikita Willy sama Morgan Oey, yang ‘kebetulan’ sama kayak poster dramanya Soo Hyun oppa and Ji Hun eonnie.

Pertamanya sih, gue kira kalau sinetron ‘Kau yang Berasal dari Bintang’ itu udah dapet izin penggandaan dari pihak SBS selaku yang menayangkan drama ‘You Who Came From The Star’ apalagi kan minggu lalu Kim Soohyun yang jadi ‘Do Min Joon’ di drama yang lagi nge-hits itu datang ke Indonesia. Gue kira selain ngadain fanmeeting, oppa gue yang aktingnya keren itu bakalan ngasih dukungan ke sinetron Indonesia yang ‘mengadaptasi’ dramanya yang lagi ngehits itu. Ditambah lagi, waktu gue search di google, Fanbase-nya Nikita Willy yang perannya mirip-mirip Jung Ji Hyun itu, mengelak kalau sinetron ‘Kau yang Berasal dari Bintang’ itu udah dapet ijin dan udah dibeli pihak RCTI.

Eh ternyata, tadi pagi waktu gue bangun dan langsung bukan SNS gue, gue lihat di pagenya Allkpop : “Indonesian ‘You Who Came From The Stars’ revealed to be plagiarism, not a remake ” Ya Tuhan, gue langsung merasa malu dengan apa yang telah diperbuat sama industri persinetronan Indonesia. Apa yang gue khwatatirin semenjak sinetron itu muncul akhirnya datang dan bukti kalau udah beli lisensi ke SBS udah lenyap seketika.

Yah, semoga aja masalahnya cepet selesai. Dan kalau pihak SBS mau nuntut ke pihak RCTi yang nayangin sinetron itu gue malah gapapa. Biar, lain kali hal semacam ini tak terulang lagi. Dengan munculnya sinetron ‘Kau yang Berasal dari Bintang’ menambah daftar panjang kurang kreatifnya anak bangsa yang meniru hasil karya negara lain. Sebenarnya anak bangsa Indonesia itu pada kreatif hanya saja, kurang mendapatkan perhatian dan kurangnya fasilitas untuk menyalurkan kekreatifannya itu.

Okay, enough for today,Bye Bye🙂

Cr : Allkpop ; Soompi

Author:

Just an ordinary girl with an extraordinary. I'd rather die than live without any passions -JK-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s